Wabah Corona, Dinkes Lumajang: Tak Perlu Takut Berlebihan

Lumajang, Motim - Terkait wabah Virus Corona, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lumajang menghimbau warga agar tidak perlu panik atau takut berlebihan. Namun warga diminta untuk tetap hati-hati. Karena penularan penyakit tersebut melalui beberapa faktor.
Kepala Dinkes Lumajang, dr. Bayu, Ign
Kepala Dinkes Lumajang, dr. Bayu, Ign
“Kita tidak perlu panik atau takut yang berlebihan. Karena penyakit tersebut menular namun untuk penularannya itu, yang pertama harus ada sumber penularan di sekitar kita. Jadi kalau di sekitar kita semuanya sehat, ya kita ibaratnya kita juga akan sehat,” kata Kepala Dinkes Lumajang, dr. Bayu, Ignasius, Selasa (3/3/2020).

Lanjutnya, virus tersebut menyerang orang-orang dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah. Sehingga Ia meminta masyarakat untuk menjaga kesehatan, agar daya tahan tubuh tetap kuat. Dan dapat terhindar dari penyakit.

Maka kita harus menguatkan daya tahan tubuh kita dengan makan yang cukup, istirahat cukup, makan makanan bergizi,” lanjutnya.

Kemudian jika tubuh merasa sakit, maka harus banyak istirahat di rumah. Kemudian juga bisa periksa ke dokter. “Dan penyakit tersebut biasanya bisa kita atasi dengan daya tahan tubuh yang tinggi atau baik,” ujarnya.

Bayu menegaskan, ketika pasien periksa ke dokter, tentu akan ada diagnosanya. “Kalau perlu rawat jalan, maka dirawat jalan,” ucap dia.

Sekali lagi, Ia mengingatkan, tidak perlu takut dengan Virus Corona, masyarakat bisa melakukan aktifitas seperti biaanya. “Karena penyakit ini jenisnya banyak. Seperti batuk pilek dan sebagainya. Tapi harus waspada atau hati-hati. Jika flu berat dalam satu hari atau dua hari. Ini harus berobat ke doketer,” pungkasnya. (fit)