2 Ormas Islam Sepakat dengan MUI

Lumajang, Motim - Dua ormas Islam terbesar di Lumajang, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sepakat dengan keputusan dari MUI. Keduanya sepakat jika shalat Jum’at di kecamatan yang masuk zona merah ditiadakan.
Ketua NU dan Muhammadiyah bersama Ketua MUI
Ketua NU dan Muhammadiyah bersama Ketua MUI
Ketua Muhammadiyah Lumajang, H. Suharyo menyampaikan, pihaknya sudah berkirim surat ke cabang dan ranting untuk menuruti apa yang disampaikan oleh MUI. Pihaknya meminta warga Muhammdiyah di zona merah itu untuk shalat di rumah saja.

“Kita sepakat, untuk meniadakan shalat Jum’at,” ucapnya.

Tak hanya shalat Jum’at, pihaknya juga menghimbau agar untuk sementara ditiadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak. “Apapun kegiatan yang melibatkan banyak orang, harus disetop semuanya,” ucapnya.

Sementara Ketua NU Lumajang, KH Muhammad Mas’ud mengatakan, pihaknya juga sepakat. Bahkan sudah sebelum pemerintah melakukan himbauan, NU sudah membeikan instruksi di internal. Agar warga NU bisa menjalankan ibadah sesuai dengan situasi kondisi saat ini.

“Kita berikan panduan ibadah dengan segala macam situasi dan kondisi. Apalagi saat ini Lumajang sudah ada peta zona,” pungkasnya. (fit)