Ada 24 TKI Pulang ke Lumajang Selama Pandemi Covid-19

Lumajang, Motim - Jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Lumajang yang pulang selama pandemi Covid-19 ternyata cukup banyak. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lumajang mencatat, mulai Januari 2020 hingga saat ini, sudah ada 24 orang TKI.
Sekretaris Disnaker Lumajang, Totok Sudjarwo
Sekretaris Disnaker Lumajang, Totok Sudjarwo
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lumajang, Totok Sudjarwo menyampaikan, pihaknya hanya melakukan pemantauan saja tehadap TKI yang pulang. Sesuai laporan dari Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI).

“Kita dapat info dari LP3TKI jika ada yang pulang. Kemudian dipantau dan kita laporkan kepada satgas (Gugus Tugas Covid-19),” ucapnya, Rabu (8/4).

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Siti Lailatul Badriyah menambahkan, terakhir ada 2 orang TKI dari Kecamatan Senduro yang tiba di Lumajang, Selasa (7/4) malam.

Sebelum pulang, mereka harus melewati sejumlah pemeriksaan. Diantaranya pemeriksaan kesehatan ketika tiba di bandar udara. “Di bandara sudah diperiksa. Kalau positif tidak dipulangkan. Langsung dirawat di rumah sakit. Kalau negatif, langsung dipulangkan,” ujarnya.

Selanjutnya, meraka akan diawasi oleh pihak desa dan kecamatan tempatnya tinggal. “Cukup pengawasan di daerah asal. Data sudah dikirim oleh Kepala Disnaker ke Kepala Dinas Kesehatan untuk Tim Gugus Tugas Covid-19,” pungkasnya. (fit)