Baznas Lumajang Salurkan Bantuan Beras untuk LKSA

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang terus bergerak cepat dalam menyalurkan bantuan beras kepada warga terdampak pandemi Covid-19. Salahsatunya, penyaluran bantuan untuk panti asuhan atau Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA).
Baznas menyalurkan bantuan beras untuk LKSA
Baznas menyalurkan bantuan beras untuk LKSA
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, pihaknya akan membagikan beras ke semua LKSA yang ada di Lumajang. Ia menyebut ada sekitar 60 LKSA. Namun sejauh ini masih ada sekitar 20 LKSA yang sudah mendapat bantuan dari Baznas.

Ia mengatakan, pihaknya tidak melihat apakah LKSA itu berada di zona merah atau tidak. “Jadi kita melihatnya dari dampak sisi ekonomi dan sosial. LKSA ada di Kecamatan Sukodono, Tempeh, Ranuyoso, Pasirian, dan kecamatan lainnya,” katanya Selasa (14/4/2020).

Total ada 1.000 zak beras 5 kilogram atau 5 ton yang akan dibagikan. Selain LKSA, pihaknya akan membantu para pengusaha kecil yang menjadi binaan dari Baznas. “Yakni usaha-usaha kecil yang dapat bantuan modal dari kita,” lanjutnya.

Sebelumnya Baznas juga sudah membagikan beras pada tukang becak. “Kita akan terus bergerak tiap hari membagikan bantuan beras ini. Saat ini, masih tersisa separuhnya atau 2,5 ton,” kata H. Atok.

Kemudian Baznas sudah merealokasi dana zakat di bulan Ramadhan untuk penanganan Covid-19 di Lumajang. Dana sebesar Rp 1 miliar akan diwujudkan beras 100 ton. Nantinya beras itu dibagikan melalui program ‘Ngeramut Tonggo’ yang digagas oleh Pemkab Lumajang. (fit)