BLT Tahap Awal Akan Disalurkan ke 4.473 KK di 51 Desa

Lumajang, Motim - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) tahap awal akan segera disalurkan pada warga yang terdampak Covid-19. Ada 4.473 Kepala Keluarga (KK) di 51 desa yang akan mendapat bantuan tersebut.
Video Conference bersama pemerintah desa dan Kemendes PDTT RI
Video Conference bersama pemerintah desa dan Kemendes PDTT RI
“Data yang kami terima per tanggal 27 April 2020, ada sekitar 51 pemerintah desa di Lumajang yang siap untuk menyalurkan BLT kepada sekitar 4.473 KK, dengan total dana senilai Rp 8.051.400.000. Dan, penyalurannya nanti akan dilakukan secara bertahap,” terang Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Senin (27/4/2020).

Bantuan yang akan diterima nanti per bulannya adalah Rp 600.000 selama tiga bulan ke depan. Menurutnya, penyaluran BLT tersebut merupakan langkah yang sangat efektif untuk dapat menuntaskan dampak ekonomi yang diakibat pandemi Covid-19 di tingkat desa.

Lanjut dia, progres untuk nama penerima BLT Dana Desa nantinya harus melalui tahap Musyawarah Desa (Musdes) pada tiap-tiap desa. Serta hasil penyalurannya harus dilaksanakan evaluasi pada setiap bulannya.

Thoriq menilai hal tersebut harus dilakukan, agar penyaluran BLT Dana Desa dapat tepat sasaran, dan tidak terjadi double penerima bantuan. “Hal ini penting dilakukan untuk menghindari double penerimaan bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun dari dana desa,” tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada para kepala desa yang melaksanakan penyaluran, agar dalam proses pembagian BLT Dana Desa tidak dilakukan dengan cara bergerombol dalam satu tempat. Melainkan perangkat desa beserta Satgas Desa langsung mengunjungi rumah penerima.

“Kami himbau dalam penyaluran BLT Dana Desa nanti, semua pemerintah desa dan Satgas Desa untuk melakukan jemput bola atau mendatangi rumah warga satu persatu, sebab hal ini merupakan cara yang efisien untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (fit)