Dampak Covid-19 Dirasakan Pedagang Kue Lebaran dan Pakaian

Lumajang, Motim - Dampak pandemi Covid-19 mulai dirasakan para pedagang di pasar. Diantaranya pedagang kue lebaran dan pakaian. Mereka mulai mengeluhkan adanya penurunan pendapatan dibandingkan dengan hari normal sebelumnya.
Salahsatu toko kue lebaran
Salahsatu toko kue lebaran
Salahsatu pedagang grosir kue lebaran di Pasar Baru Lumajang menyampaikan, biasanya beberapa minggu jelang bulan puasa, sudah banyak pedagang eceran yang datang membeli. Namun kali ini, tak sebanyak tahun sebelumnya.

“Ada dampaknya (pandemi Covid-19) Mas, kalau tahun lalu menjelang Ramadhan, pedagang eceran sudah banyak yang beli. Tapi sekarang, tak sebanyak tahun lalu,” kata Abdul Khodir, Selasa (7/4).

Namun Ia berharap, nanti ketika Ramadhan sudah makin dekat atau masuk bulan Ramadhan, akan banyak pembelinya. “Ya Saya hanya bisa berharap Mas, suasananya bisa kembali normal. Sehingga nantinya bisa banyak lagi pembelinya,” ujarnya.

Sementara salahsatu pemilik toko pakaian di Pasar Baru, H. Hartono mengatakan, baru tahun ini, toko miliknya sepi pembeli. Belasan tahun menekuni usahanya itu, biasanya jelang Ramadhan, tokonya sudah rami pembeli.

“Biasanya, setiap mendekati datangnya bulan suci Ramadhan hingga akhir Ramadhan toko ini ramai dengan pengunjung untuk membeli barang kebutuhannya semisal baju untuk hari raya dan lain-lain,” ucapnya.

Ditanya soal keuntungan selama pandemi Corona ini, Ia menyebut, jelas sudah tak ada keuntungan. “Sejak ada virus Corona, toko sepi banget. Keuntungan tentu 0 persen,” pungkasnya. (cho/fit)