Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau di Lumajang Capai Rp 23 Miliar

Lumajang, Motim - Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT) yang dikucurkan ke Kabupaten Lumajang tahun ini cukup besar. Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Lumajang, Agus Setiawan menyebutkan, jumlahnya mencapai Rp 23 Miliar.
Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Lumajang Agus Setiawan
Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Lumajang, Agus Setiawan
Ia menjelaskan, dana sebesar itu digunakan untuk kegiatan oleh sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Namun hanya untuk 5 jenis kegiatan yang sudah diantur. Jadi tidak semua OPD tentunya.

Diantaranya untuk kegiatan peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan barang cukai ilegal. “Totalnya sekitar Rp 23 Miliar,” ucapnya, Selasa (21/4/2020).

Namun Agus tidak menyebutkan OPD mana saja yang mendapat dana tersebut. Namun kata dia, bagi OPD yang akan memanfaatkan dana tersebut, sebelumnya sudah harus mengajukan rencana kegiatan.

“Ini kan dana bagi hasil, jadi dalam perencanaannya ya dari program kegiatan yang dilakukan masing-masing OPD itu diusulkan,” tegasnya.

Kemudian dari usulan itulah dikomunikasikan dengan provinsi terkait kesesuaian kegiatan yang sudah ditetapkan. “Kalau di situ sudah sesuai dan ada persetujuan dari provinsi. itulah yang diajukan dan diproses melalui Musrenbang. Jadi fungsi kami di sini hanya mengkomunikasikan saja,” pungkasnya. (fit)