Dikepung Asap Tebal, Pabrik Kayu Rugi Ratusan Juta

Lumajang, Motim - Pabrik kayu milik PT Kanna Wood yang terletak di wilayah Desa Besuk, Kecamatan Tempeh, dilahap si jago merah. Kobaran api terus menjadi disertai asap tebal hitam pekat terus berterbangan.
kondisi pabrik kayu PT Kanna Wood terbakar
Kondisi pabrik kayu PT Kanna Wood terbakar
Kondisi itu tidak hanya membuat panik karyawan pabrik PT Kanna Wood saja, melainkan juga membuat panik warga yang rumahnya berdekatan dengan pabrik kayu tersebut, khawatir kobaran api menjalar ke rumahnya.

Beruntung, tak lama kemudian 4 unit kendaraan pemadam kebakaran tiba di lokasi langsung dikerahkan melakukan pemadaman. Tak berselang lama 1 unit kendaraan water canon milik Sat Sabhara Polres Lumajang juga 1 unit kendaraan tangki dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) lengkap dengan personilnya juga tiba di lokasi kebakaran dan bersama-sama melakukan pemadaman.

Proses pemadaman sedikit terkendala karena banyaknya bahan yang ada di sekitar gudang ikut terbakar, juga tiupan angin yang cukup kencang.

Alhamdulillah berkat kekompakan petugas gabungan, satu persatu titik api berhasil dipadamkan, sehingga tidak menjalar ke rumah warga.

“Yang pasti tidak ada korban jiwa. Dan titik awal kebakaran terjadi di bagian produksi Mas,” ungkap Kapolsek Tempeh, AKP Dodik Suwarno, SH.

Pihaknya belum mengetahui secara pasti apa penyebab terjadinya kebakaran pabrik kayu PT. Kanna Wood itu. Namun untuk kerugiannya diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

“Begitu kami mendapat laporan kejadian itu, kami langsung berkoordinasi dengan PMK, BPBD juga Polres Lumajang,” ungkapnya lagi.

Saat ditanya kapan akan dilakukan proses olah tempat kejadian perkara guna memastikan penyebab kebakaran, Dodik menyampaikan menunggu api benar-benar sudah dinyatakan padam.

“Proses olah TKP mungkin dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Lumajang. Polsek Tempeh sifatnya hanya membantu,’ pungkasnya.(cho)