Dinas Ketahanan Pangan Jamin Stok Beras Aman Selama Setahun

Lumajang, Motim - Dinas Ketahanan Lumajang memastikan stok beras di Lumajang aman. Bahkan kebutuhan selama setahun kedepan bisa tercukupi. Jadi, menghadapi pandemi Covid-19, untuk ketersediaan pangan masih aman.
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Sutan Wardono
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Sutan Wardono
“Jadi intinya untuk Lumajang siap. Stok yang ada masih banyak, masih mencukupi,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Sutan Wardono pada Memo Timur, Senin (13/4/2020).

Ia menjelaskan, ketersediaan beras di Lumajang saat ini mencapai 162 ribu ton. “Sangat mencukupi, setahun sangat cukup. Memang secara keseluruhan kebutuhan beras di Lumajang surplus 2/3. Jadi kebutuhan di Lumajang hanya 1/3 saja,” jelasnya.

Lanjutnya, sisa panen dari bulan Januari sampai Maret 2020 saja masih ada. Belum nantinya ditambah stok dari musim panen April sampai Juni 2020. “Ini yang panen untuk April sampai Juni sebenarnya sudah cukup untuk satu tahun di Lumajang. Belum lagi nanti panen di bulan Agustus sampai Oktober,” ungkapnya.

Ia menegaskan, untuk stok beras yang datanya lain dari stok beras yang ada di gudang Bulog. “Kalau Bulog itu lain, Bulog itu untuk stok nasional. Jadi yang kita data ini, yang ada di gudang-gudang di Lumajang ditambah produksi panen,” jelasnya.

Sutan meyebut, untuk kebutuhan beras di Lumajang, tiap bulan sekitar 7 sampai 8 ribu ton. Dengan perkiraan kebutuhan pangan tiap orang per hari sekitar 0,23 kilogram beras. “Jadi kita pastikan kebutuhan beras sangat aman,” pungkasnya. (fit)