Dinas Pertanian: Tak Ada Lagi Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Lumajang, Motim - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman menegaskan, masalah kelangkaan pupuk bersubsidi di semua wilayah Lumajang sudah bisa teratasi. Ia menyebut tidak ada lagi kecamatan yang mengalami kelangkaan pupuk bersubsidi.
Plt Kepala Dinas Pertanian Lumajang Ir. Paiman turun ke sawah menemui petani.
Plt Kepala Dinas Pertanian Lumajang Ir. Paiman turun ke sawah menemui petani.
“Gak ada sudah,” katanya pada sejumlah wartawan saat ditemui di Pemkab Lumajang, Selasa (7/4) pagi.

Ia menjelaskan, secara nasional sudah ada penambahan pupuk bersubsidi. Termasuk di Lumajang, jumlahnya sangat signifikan. Namun Paiman tidak menyebut berapa jumlah penambahan tersebut.

“Semuanya ada penambahan. Kalau kemarin cuman 25 persen, sekarang sudah mencapai 58 persen,” tegasnya.

Selain pupuk bersubsidi, di Lumajang juga ada penambahan pupuk organik dalam jumlah banyak. “Pupuk organik ini ditambah sangat besar. Tinggal bagimana nanti kita distribusinya,” lanjutnya.

Di sisi lain, pihanya akan terus melakukan pengawasan. Agar semua kios di Lumajang menjual pupuk tersebut sesuai dengan harga eceran tertinngi (HET) yang sudah ditetapkan. “Kami sudah mengingatkan kios melalui distributor,” kata Paiman.

Saat ini petani di Lumajang menurutnya juga banyak yang sudah beralih menggunakan pupuk organik dan non subsidi. “Petani kita mulai banyak menggunakan pupuk organik dan pupuk non subsidi,” pungkasnya. (fit)