Geger Warga Pingsan di Alun-Alun, Petugas Evakuasi Pakai APD

Lumajang, Motim - Seorang ibu-ibu mendadak jatuh pingsan di Alun-Alun Lumajang, Rabu (29/4/2020) sekitar pukul 10 pagi. Diketahui warga bernama Darti asal Dusun Krajan, Desa Sumberejo, Kecamatan Sukodono itu pingsan setelah berolahraga.
Petugas berpakaian APD lengkap evakuasi warga pingsan di Alun-alun
Petugas berpakaian APD lengkap evakuasi warga pingsan di Alun-alun
Kejadian ini pun sempat menggegerkan pengunjung atau pengedara di Alun-Alun. Saksi mata menyebut, teman Darti kemudian berusaha meminta bantuan. Tak lama kemudian petugas dari Puskesmas Lumajang datang ke lokasi.

Petugas kesehatan yang datang menggunakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Kemudian mengevakuasinya ke Puskesmas. Kapolsek Lumajang Kota, Darmanto pun membenarkan kejadian ini.

“Mungkin beliaunya puasa kemudian olahraga, cuacanya panas, kecapekan, akhirnya kondisinya lemas dan pingsan,” katanya.

Terkait petugas yang mengevakuasi menggunakan APD, menurutnya itu sudah sesuai dengan protokol kesehatan saat ini. “Memang harus pakai APD, evakuasi yang mendadak pingsan atau meninggal, harus pakai APD,” jelasnya.

Namun ketika dicek ke puskesmas, menurutnya yang bersangkutan hanya kelelahan saja. Kemudian diperbolehkan pulang. “Langsung pulang orangnya, dibonceng pakai motor, pulang,” pungkasnya. (cho/fit)