Gunung Semeru Kembali Keluarkan Awan Panas

Lumajang, Motim - Gunung Semeru kembali mengeluarkan awan panas. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terpantau mengeluarkan awan panas pada Jumat (17/4/2020) pagi. Sekitar pukul 6 WIB, terlihat jelas awan keluar dari mulut Semeru.
Gunung Semeru mengeluarkan  awan panas
Gunung Semeru mengeluarkan  awan panas
Awan putih terlihat turun dari puncak Semeru. Mengarah ke aliran lahar Besuk Kembang. Meski jauh dari pemukiman, warga diminta tetap waspada dan tidak beraktifitas dalam radius batasan Semeru dan aliran lahar Semeru.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo menyampaikan, pemantauan terhadap Gunung Semeru sampai saat ini terus dilakukan.

Dia menambahkan, guguran lava Semeru masih jauh dari pemukiman. Kendati demikian warga diminta untuk waspada. “Ada semburan awan panas. Namun jauh dari rumah warga,” kata Wawan.

Lanjut Wawan, terkait fenomena ini, Gunung Semeru merupakan gunung aktif yang bisa saja sewaktu waktu mengeluarkan awan panas. “Untuk itu, tetap waspada karena memang gunung merapi. Untuk statusnya tetap pada Waspada Level II,” ungkapnya. (fit)