Harga Gula Masih Mahal, Rp 18 Ribu Perkilogram

Lumajang, Motim - Harga gula pasir di Lumajang masih mahal. Dari pantauan, Minggu (12/4/2020), harganya masih Rp 18 ribu perkilogram. Mahalnya harga gula, salahsatu penyebabnya adalah, stoknya yang kini mulai terbatas.
Harga gula masih mahal
Harga gula masih mahal
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang, Sutan Wardono menyatakan, untuk jumlah stok gula pasir masih di bawah kebutuhan. Normalnya, stok gula pasir di Lumajang adalah sebanyak 14 ton. Namun Ia menyebut, saat ini masih di bawah itu.

“Untuk saat ini masih belum memenuhi ketersediaan tersebut,” tuturnya, Kamis (9/4/2020).

Sementara normalnya, harga gula pasir adalah Rp 10 ribu sampai Rp 11 ribu. Namun Kepala Dinas Perdagangan Lumajang, Hairil Dhiani mengungkapkan, untuk mengurangi kekurangan itu, sudah ada pasokan gula pasir sebanyak 30 ton.

“Kemarin salah satu distributor sudah mendatangkan kebutuhan gula pasir,” terangnya. Jumlah tersebut diprediksi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Lumajang dalam 3 bulan kedepan.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat supaya tidak cemas. Karena harganya akan kembali normal hingga bulan Ramadhan. Penurunan harga akan berlangsung beberapa hari kedepan. Hal itu karena menunggu persetujuan dan keputusan dengan para pimpinan. (fit)