Jelang Ramadhan, Harga Gula dan Cabai Masih Tinggi

Lumajang, Motim - Harga gula pasir dan cabai di Lumajang masih tinggi menjelang bulan Ramadhan. Dari pantauan di Pasar Baru, harga gula pasir Rp 18 ribu perkilogram. Sementara cabai merah Rp 30 ribu perkilogram.
Pasar Lumajang
Pasar Lumajang
“Fluktuasi harga yang tinggi adalah harga gula dan cabai merah,” kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Lumajang, Agus Setiawan, Selasa (21/4/2020).

Ia menyampaikan, tingginya harga kedua komoditas ini diantaranya karena jumlah stok yang berkurang. “Jumlah stok atau produksi yang menurun, ditambah adanya covid-19, sehingga juga terdampak. Karena dampaknya global ini,” ucapnya.

Sedangkan untuk cabai, stok yang menipis, menurutnya juga karena belum waktunya panen. “Jadi nanti juga akan kembali normal. Namun kedua barang ini kalau memang barang kebutuhan pokok,” ungkapnya.

Sejauh ini upaya yang dilakukan untuk menekan harga diantaranya Satgas Pangan telah melakukan operasi pasar. “Terus sudah ada himbauan pada masyarakat agar tidak menjual dengan harga yang tinggi,” pungkasnya. (fit)