Karang Taruna Desa Lempeni Berperan Aktif Perangi Covid-19

Karang Taruna Desa Lempeni melakukan pemyemprotan disinfektan bersama perangkat desa dan babinkamtibmas. (*)
Lumajang, Motim - Karangtaruna Desa Lempeni Kecamatan Tempeh berperan aktif dalam memperangi Virus Corona (Covid-19). Mereka sudah melakukan sejumlah aksi nyata selama pandemi Covid-19 di desanya.

Dalam sepekan terakhir ini, mereka bersama perangkat desa setempat berkeliling desa. Melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah warga.

"Jadi karang taruna kami bersama perangkat desa lainnya sebelumnya juga sudah keliling desa, sosialisasi soal bagaimana hidup bersih agar terhindar dari corona," kata Kepala Desa Lempeni Reza Firman Eldiansah wartawan, Sabtu (11/4/2020).

Warga pun sangat antusias saat anggota karang taruna dan perangkat desa lainnya melakukan penyemperotan keliling desa. Kegiatan ini juga dibantu oleh Babinkamtibmas setempat.

Warga juga meminta penyemprotan disinfektan ini terus dilakukan selama pandemi Covid-19. Khususnya di tempat-tempat yang jadi pusat aktivitas. "Kami juga semprot kandang ternak, karena di kandang ternak ini kan banyak aktivitas warga," ungkapnya.

Rencananya, minggu depan penyemprotan akan dilakukan lagi. Reza menyampaikan, pihaknya bersama karang taruna akan membagikan masker untuk warga. "Ada seribuan masker yang akan kami bagikan," ucapnya.

Kades menambahkan, karang taruna intens memberikan edukasi kepada warga desa, agar melapor ke RT/RW jika ada warga yang datang dari daerah zona merah corona. "Langkah-langkah pencegahan terus kami lakukan di desa kami bersama karang taruna," lanjutnya.

Para perantau yang pulang kampung pun diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan ke Polindes. "Jika ada keluhan berlanjut, kami bawa ke puskesmas," pungkasnya. Hingga kini, 1.500 lebih warga Desa Lempeni masih aman dari Covid-19.

Anggota Karang Taruna Desa Lempeni juga bergabung dengam Heppiii Community. Aktifnya anggota karang taruna itu pun diapresiasi Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif.

Ia menyambut baik peran aktif desa, khususnya karang taruna yang tergabung dalam Heppiii Community di Lumajang dalam mencegah corona. "Warga di desa punya peran penting pencegahan Corona agar wabah ini tak masuk ke desa-desa," ucapnya.

Miftachul Arif berharap, agar kegiatan pencegahan bisa dilakukan oleh karang taruna desa lainnya. "Dengan demikian wabah ini bisa segera mereda," pungkasnya. (fit)