Kebobolan, Sapi Limusin Berhasil Ditemukan di Lahan Tebu

Lumajang, Motim - Liasan (49), warga Dusun Bundelan, Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang Kota, akhirnya bernafas lega. Betapa tidak, seekor sapi jenis limusin milik korban yang diketahui hilang dicuri maling, ditemukan petugas di lahan tebu milik warga yang terletak di Dusun Sumbersari, Desa Barat, Kecamatan Padang.
Kapolsek dan warga saat mengamankan sapi milik korban
Kapolsek dan warga saat mengamankan sapi milik korban
Kapolsek Lumajang Kota, Iptu Darmanto menuturkan pada Jum'at (19/4/2020), sekira pukul 02.00 WIB, mendapat laporan dari masyarakat jika sapi milik korban hilang dicuri maling.

Atas laporan itu, pihaknya berkoordinasi dengan Sat Inltelkam juga tim Reaksi Cepat Anti Bandit (RCAB) juga unit K9 kemudian bersama-sama mendatangi rumah korban untuk melakukan proses olah tempat kejadian perkara sekaligus untuk mendengar keterangan korban.

Tak lama kemudian, pihaknya bersama petugas gabungan dibantu masyarakat terus melakukan pengejaran dengan mengikuti jejak kaki sapi dengan membawa anjing pelacak milik K9.

Upaya pencarian terus dilakukan di wilayah Dusun Sumbersari Desa Barat. Setelah melewati area tebu, anjing pelacak berhasil mengendus keberadaan sapi milik korban. Atas petunjuk anjing pelacak itu, petugas gabungan langsung melakukan pencarian di seputar area tebu dimaksud dan tak lama kemudian sapi milik korban ditemukan dalam kondisi terikat pada salah satu pohon.

Petugas terus membawa sapi tersebut menuju Polsek Lumajang Kota. Saat diperiksa, ternyata ciri-ciri sapi persis milik korban. Usai dilakukan pendataan, sapi langsung diserahkan kepada Liasan selaku korban disaksikan Kepala Desa (Kades) dan warga setempat.

“Untung masyarakat segera lapor. Misalkan lapornya telat, kemungkinan sapi itu sudah hilang Mas,” ungkapnya.

Darmanto berharap kepada masyarakat kecamatan Lumajang Kota untuk tetap menghidupkan pos kamling di masing-masing desanya, agar tidak ada ruang bagi pelaku kejahatan untuk beraksi.

“Sekecil apapun kejadian yang dilihatnya, tolong masyarakat segera melaporkan ke Polsek Lumajang Kota, biar segera diambil tindakan. Meski tidak berhasil menangkap malingnya, minimal bisa menggagalkannya,” pungkas Darmanto.(cho)