Listrik Gratis Dinikmati 155 Ribu Pelanggan PLN Lumajang

Lumajang, Motim - Program listrik gratis dampak pandemi Virus Corona juga dinikmati warga Lumajang. Ada 155 ribu lebih pelanggan PLN di Lumajang bebas dari tagihan listrik selama 3 bulan. Pada April, Mei, dan Juni 2020.
PLN Lumajang
PLN Lumajang
“Pembebasan biaya tagihan tarif rumah tangga daya 450 VA sebanyak 155.246 pelanggan,” ujar Manajer PLN ULP Lumajang, Hendik Purwahyudi.

Selain itu, ada 26 ribu lebih pelanggan yang menggunakan daya 900 VA mendapat keringanan tagihan. Ada potongan pembayaran sebesar 50 persen dari tagihan. “Ada keringanan biaya tagihan listrik 50 persen pada tarif rumah tangga daya 900 VA sebanyak 26.082 pelanggan,” lanjutnya.

Untuk pelanggan yang menerima pembebasan dan diskon 50 persen sesuai data BDT (Program Perlindungan Sosial) yang dikelolah oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan telah terkoneksi dengan sistem PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Jadi, dapat dipastikan bahwa penyaluranya akan tepat sasaran,” kata dia.

Di sisi lain, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kabupaten Lumajang, Agus Setiawan menerangkan, dengan direalisasikannya kebijakan tersebut, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat tidak mampu dalam waktu tiga bulan kedepan.

“Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pembebasan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA dan memberikan diskon 50 persen bagi 7 Juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi,” pungkasnya. (fit)