Pasar Murah pada Ramadhan Tahun Ini Ditiadakan

Lumajang, Motim - Pada bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Dinas Perdagangan (Dindag) selalu menggelar Pasar Murah. Namun berbeda pada puasa tahun ini, Pasar Murah itu harus ditiadakan. Alasannya, karena adanya pandemi Covid-19.
Kepala Bidang Perdagangan Dindag Lumajang, Syamsul Arifin
Kepala Bidang Perdagangan Dindag Lumajang, Syamsul Arifin
Kepala Bidang Perdagangan Dindag Lumajang, Syamsul Arifin, menegaskan, pihaknya sengaja meniadakan kegiatan Pasar Murah pada Ramadhan kali ini, demi mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Lumajang.

Ia menjelaskan, jika Pasar Murah atau yang sejenisnya tetap digelar, tentu sangat berpotensi mengumpulkan orang yang banyak. Sedangkan sudah ada himbauan kepada masyarakat untuk tetap jaga jarak atau social distancing.

“Kita tidak melaksanakan itu. Nanti kalau melaksanakan itu, susah juga, karena harus mematuhi social distancing,” ucapnya, Jumat (24/4/2020).

Sebelumnya, pihaknya juga telah membatalkan rencana operasi pasar demi mengantisipasi naiknya harga gula pasir. “Kita mau ngadakan operasi gula tapi tidak jadi. Karena ada Covid-19 ini,” jelasnya.

Ia pun berharap selama Ramadhan dan Idul Fitri, harga kebutuhan pokok bisa tetap relatif normal seperti saat ini. “Mudah-mudahan harganya stabil selama bulan puasa dan Idul Fitri. Kalau bisa harganya murah,” ucapnya.

Syamsul menambahkan, sejauh ini hanya gula pasir saja yang harganya masih belum normal. Ia menyebut, salahsatu alasannya karena stoknya yang mulai berkurang. Diperkirakan harganya mulai kembali murah pada Juni mendatang.

“Juni ini (pabrik gula) mulai giling, mungkin bisa murah,” pungkasnya. (fit)