Pasien Positif Covid-19 akan Dipulangkan

Lumajang, Motim - Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo menyebut, kondisi kesehatan pasien positif Covid-19 semakin membaik. Mereka juga akan dipulangkan dari rumah sakit. Kemudian mejalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.
Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo
Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Wibowo
“Pasien positif perkembangannya baik,” katanya pada sejumlah wartawan, Senin (6/4). Bahkan dari 3 pasien positif, satu diantaranya sudah berada di rumah. “Ketiganya sudah dinyatakan sehat semua. AI sudah di rumah. Dua masih di rumah sakit,” ujarnya.

Bayu menegaskan, sebelum dipulangkan, dua pasien yang masih di RSUD dr. Haryoto itu harus menjalani tes swap ulang. Namun pihak rumah sakit masih kesulitan mendapatkan alat untuk swapnya.

“Nunggu kiriman (provinsi), beli juga susah. Mestinya mereka boleh pulang tapi nunggu swap ini. Supaya ada alasan untuk memulangkan,” ungkapnya. Karena aturannya, jika pasien tersebut kondisinya sudah membaik boleh pulang dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Namun meski dinyatakan sehat dan dipulangkan, tetap yang bisa menyatakan sembuh dari Covid-19 adalah dari Kementerian Kesehatan. Berdasarkan hasil swap itu. “Mestinya sambil nunggu (hasil swap) itu boleh pulang. Isolasi di rumah,” tuturnya.

Ketika pasien tersebut sudah berada di rumah, Bayu meminta keluarga dan masyarakat setempat bisa ikut menjaga. “Tanggungjawab menjadi tanggungjawab masyarakat, bukan tanggungjawab dari kami. Kami hanya mengawasi saja,” ucapnya.

Ia menambahkan, pasien yang sudah dinyatakan sehat itu harus dipulangkan, karena dimungkinkan semakin hari akan bertambah jumlah pasien yang di rumah sakit. “Nanti kalau nunggu di rumah sakit, penuh rumah sakitnya,” pungkasnya. (fit)