Pasien Positif Covid-19 di Lumajang Dinyatakan Sembuh

Pasien postif Covid-19 yang dinyatakan sembuh. (*)
Lumajang, Motim - Satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Lumajang dinyatakan sembuh. Pria berinisial AZ dinyatakan sembuh oleh pihak RSUD dr. Haryoto Lumajang, Rabu (15/4/2020). Warga Kecamatan Randuagung itu pun diperbolehkan pulang.

Direktur RSUD dr. Haryoto Lumajang, dr. Halimi Maksum menjelaskan AZ menjalani perawatan sejak 19 Maret 2020. Ia dirawat di ruang isolasi Alamanda. Kemudian hasil tes swab, dinyatakan positif Covid-19.

AZ pun terus menjalani perawatan oleh tim medis secara maksimal di sana. Hingga kondisi kesehatannya terus membaik. Ia baru dinyatakan negatif setelah 2 kali melakukan tes swab.

"Melalui berbagai macam perawatan di sini dan dilakukan tes sebanyak 2 kali hasilnya negatif. Pada tanggal 6 April 2020 dan 9 April 2020, hasil kemarin rilis negatif secara kriteria bisa dinyatakan sembuh dari proses perawatan," terang dr. Halimi.

Dokter Spesialis Paru yang menangani AZ, dr. Dwi Yulianti menambahkan, pihaknya tidak memberikan obat-obatan secara spesifik karena kondisinya baik. "Tidak ada obat yang spesifik sebetulnya ya karena ini waktu yang kedua kondisinya membaik. Jadi waktu yang kedua kita hanya memberikan vitamin-vitamin," ujarnya.

Lanjutnya, AZ diantarkan pulang oleh pihak rumah sakit. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, AZ masih harus menjalani isolasi secara mandiri di rumah selama satu minggu. Supaya kondisinya benar-benar membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Ignasius Wibowo pun mengapresiasi para tenaga medis yang sudah berjuang. Sehingga pasien positif Covid-19 bisa sembuh.

"Jadi itu adalah kerjasama dan kerja keras dari teman-teman di rumah sakit dr. Haryoto dan kerja sama semua pihak. Sehingga pada hari ini untuk pertama kalinya rumah sakit ini atau yang terkena Covid-19 sudah dinyatakan sembuh, semoga yang lain akan menyusul," paparnya.

Ia tetap berharap meskipun sudah ada yang dinyatakan sembuh, masyarakat tetap harus waspada. Diantaranya Ia menghimbau agar masyarakat tetap menggunakan masker sebagai bentuk langkah antisipatif pencegahan Covid-19.

"Ini adalah penyakit menular dari orang ke orang, dan penularan melalui droplet. Sehingga yang paling aman dari kita adalah kita pakai masker, masker yang aman, yang benar. Kalau masker yang benar jadi tidak hanya mulutnya tapi hidungnya," pungkasnya. (fit)