Pengunjung Dilarang Masuk Lapas, Tapi Boleh Kirim Makanan

Lumajang, Motim - Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Lumajang melakukan pembatasan pada para pengunjung. Mereka dilarang masuk ke dalam lapas untuk bertemu warga binaan. Namun pengunjung tetap dibolehkan mengirimkan makanan.
Pengunjung mengirimkan makanan untuk napi
Pengunjung mengirimkan makanan untuk napi
Kasi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Faudi Anwar Suharto mengatakan, kebijakan ini diberlakukan sejak dua minggu yang lalu karena adanya pandemi Corona. Ditambah adanya surat edaran dari pemerintah pusat. Agar tidak ada kerumunan orang.

“Alhamdulillah sampai saat ini, tidak ada yang positif Corona,” ucapnya, Senin (6/4).

Pihaknya memang tetap membolehkan pengunjung datang ke Lapas. Tapi tak boleh masuk. Misal ada pengunjung yang mau mengirim barang atau makanan pada keluarganya di dalam lapas. “Kita perbolehkan barangnya masuk, orangnya tak boleh,” ucapnya.

Perubahan jam kunjungan pun juga ada perubahan. Jika biasanya dimulai jam 9 pagi, kini berubah sejak jam 8 pagi. Namun berakhirnya tetap hingga jam 11. “Agar tak ada kerumunan kita mulai lebih pagi,” terangnya.

Selama adanya pandemi Corona, Lapas Lumajang telah membebaskan sejumlah napi lebih cepat. Melalui program asimilasi sesuai peraturan menteri. Hingga saat ini total sudah ada 61 napi yang dipulangkan. (cho/fit)