Pertanian Tak Begitu Terganggu Pandemi Covid-19

Lumajang, Motim - Selama pandemi Covid-19, pertanian di Lumajang nampaknya tak begitu terganggu. Khususnya untuk petani padi. Mereka tetap bisa melakukan aktifitas secara normal. Bahkan, ketika panen, hasilnya tetap normal seperti biasanya.
Pertanian di Lumajang
Pertanian di Lumajang
“Dampak corona ini, untuk kegiatan pertanian tetap, gak ada perubahan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Ir. Paiman, Senin (13/4/2020).

Namun tetap, para petani juga dihimbau untuk melakukan antisipasi sesuai yang disarankan oleh pihak kesehatan. “Jika dilarang berdekatan kami ikuti, masker kita gunakan, cuci tangan kita lakukan. Apalagi ada perintah berjemur jam 10, petani sudah biasa,” ucap Paiman.

Lanjut Paiman, pihaknya berupaya agar pertanian tetap berjalan normal selama pandemi Covid-19. Karena hal ini menyangkut kebutuhan pangan. “Kami berupaya pangan di Lumajang tetap terjaga dengan cara-cara yang kami lakukan,” ujarnya.

Untuk panen, menurutnya juga tidak terganggu. Bisa berjalan dengan seperti biasanya. Produksi yang dihasilkan oleh para petani juga tetap normal. “Sekali lagi kita sampaikan, untuk panen juga tidak terganggu,” ucapnya.

Paiman menambahkan, ada sedikit kendala memang yang harus dihadapi para petani selama ini. Yakni gangguan dari wereng dan tikus. Pihaknya berupaya membantu petani untuk mengatasi hal itu.

“Kami mendampingi para petani untuk mengatasi wereng, tikus, dan hama lainnya,” ucapnya. Sehingga saat panen tiba, hal itu tidak menjadi masalah yang bisa mempengaruhi kualitas maupun kuantitas padi. (fit)