Polres Lumajang Cegah Penyebaran Covid 19 di Perbatasan

Lumajang, Motim - Polres Lumajang melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan pengecekan kesehatan, baik pengemudi maupun penumpang yang memasuki wilayah Kabupaten Lumajang, utamanya kendaraan yang bernomor polisi B asal Jakarta.
Petugas saat melakukan pemeriksaan
Petugas saat melakukan pemeriksaan
Pemeriksaan dan pengecekan kesehatan ini dilakukan di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Kabupaten Probolinggo, bertempat di area SPBU AKR Desa Ranuyoso, Kecamatan Ranuyoso, kemarin pagi.

Kapolres Lumajang, AKBP Adewira Siregar, S.IK, M.Si melalui Kasubbag Humas, Iptu Catur Budi Bhaskara menyampaikan kegiatan itu dilakukan bermaksud untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Lumajang.

Dalam kegiatan ini, Polres Lumajang melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub) dibantu TNI. “Kemarin dilaksanakan di perbatasan Lumajang dengan Probolinggo,” ucapnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pagi hingga siang itu sedikitnya ada 21 kendaraan bernomor polisi luar Lumajang yang diperiksa, diantaranya 10 kendaraan bernomor polisi B (asal Jakarta ) 9 kendaraan penumpang dan 1 kendaraan Pertamina.

4 kendaraan bernomor polisi D (asal Priangan) 3 kendaraan penumpang dan 1 kendaraan jenis truck, 2 kendaraan penumpang bernomor polisi F (asal Bogor), 1 kendaraan penumpang bernomor polisi AD (ada Surakarta), 3 kendaraan penumpang bernomor polisi DK (Bali) dan 1 kendaraan barang jenis pick up Nopol K (asal Pati).

Para pengemudi juga penumpang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Dinas Kesehatan, salah satunya dicek suhu tubuh. Dari hasil pemeriksaan itu semua sopir dan penumpang dalam kondisi sehat.

“Alhamdulillah, kondisi para pengemudi juga penumpang sehat semua Mas,” ucap Catur Budi Bhaskara.

Agar upaya pencegahan penyebaran virus Corona berhasil secara maksimal, pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap kendaraan yang dilakukan pemeriksaan tersebut.

“Petugas juga melakukan pendataan terhadap para pengemudi dan penumpang terkait riwayat perjalanan serta tujuan masuk ke Lumajang,” kata Catur Budi Bhaskara, Sabtu (11/4/2020).(cho)