Rp 30 Miliar Dialokasikan untuk Penanganan Covid-19

Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang telah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk penanganan Covid-19. Sekretaris Daerah Lumajang, Agus Triyono menyebut, totalnya mencapai Rp 30 Miliar.
Sekretaris Daerah Lumajang Agus Triyono
Sekretaris Daerah Lumajang, Agus Triyono
“Totalnya sekitar Rp 30 Miliar,” katanya pada sejumlah wartawan, Selasa (21/4/2020).

Ia menjelaskan, anggaran itu dialokasikan untuk 3 tahapan penanganan Covid-19. Yakni tahapan penanganan kesehatan, penanganan dampak sosial, dan tahapan pemulihan ekonomi. “Masing-masing penganggarannya berbeda,” ucapnya.

Anggaran tersebut didapat dari realokasi anggaran di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Namun Agus tidak menyebut detail alokasi untuk masing-masing tahapan penanganan tersebut.

“Paling banyak di penanganan kesehatan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Nantinya untuk tahapan penanganan pemulihan ekonomi, Agus menjelaskan diantaranya seperti pemberian modal dan pelatihan. “Ada yang sudah terprogram sebelumnya, kemudian kita tambahi. Untuk jenisnya nanti teman-teman di Disnaker yang paham,” ungkapnya.

Masyarakat terdampak juga bisa mendapat modal usaha. Karena juga ada program pinjaman tanpa bunga untuk para mlijo. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan program itu agar bisa mendapat bantuan dari pemkab Lumajang. (fit)