Sembuh dari Covid-19, Warga Randuagung Meninggal Dunia

Lumajang, Motim - Satu warga Kecamatan Randuagung yang sembuh dari Covid-19 akhirnya meninggal dunia, Jumat (17/4/2020). Pria berinisial AZ dinyatakan sembuh oleh pihak RSUD dr. Haryoto dan diperbolehkan pulang, 2 hari sebelumnya, Rabu (15/4/2020).
AZ ketika pulang dari rumah sakit
AZ ketika pulang dari rumah sakit
Kapolsek Randuagung, Iptu Setyo Budi menegaskan, untuk prosesi pemakaman tetap dilakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP) jenazah Covid-19. “Proses pemakaman sesuai standar Gugus Depan Covid-19,” ucapnya.

Ia pun menghimbau kepada keluarga dan masyarakat di sana untuk tetap mengikuti aturan yang ada. “Hal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona,” ujar Setyo Budi pada Memo Timur.

Direktur RSUD dr. Haryoto Lumajang, dr. Halimi Maksum menyampaikan, AZ telah menjalani perawatan sejak 19 Maret 2020. Ia dirawat di ruang isolasi Alamanda secara maksimal hingga dinyatakan sembuh.

“Melalui berbagai macam perawatan di sini dan dilakukan tes sebanyak 2 kali hasilnya negatif. Pada tanggal 6 April 2020 dan 9 April 2020, hasil kemarin rilis negatif secara kriteria bisa dinyatakan sembuh dari proses perawatan,” terangnya.

AZ sudah menjalani isolasi selama 14 hari di rumah sakit. Kumudian kondisinya stabil secara klinis. “Tidak mengalami batuk, tidak sesak nafas, tidak demam tinggi, artinya tidak mengalami gangguang klinis apapun,” ucap Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Ia dinyatakan sembuh setelah tes swab 2 kali hasilnya negatif. AZ pun diperbolehkan pulang dan menjalani isolasi mandiri di rumahnya. “Dari dua kali swab dengan hasil negatif tersebut, dapat dinyatakan sembuh dan bisa dipulangkan dengan prosedur karantina mandiri selama seminggu,” ujar bupati.

Atas kematian AZ, bupati menegaskan, akan berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kementrian Kesehatan. “Sampai saat ini tahapan pencegahan virus corona dari seluruh diagnosa pasien positif di semua kabupaten/kota di Jawa Timur memang berbeda beda,” terangnya. (fit)