Terdampak Covid-19, Pelaku Pariwisata Belum Dapat Bantuan

Lumajang, Motim - Selama pandemi Covid-19, semua tempat wisata di Kabupaten Lumajang wajib tutup. Para pelaku pariwisata merasakan dampaknya. Khususnya bagi mereka yang menjadikan sektor kepariwisataan sebagai sumber utama pendapatan.
Spot foto underwater di Pemandian Alam Tirtosari View
Spot foto underwater di Pemandian Alam Tirtosari View
Namun sejauh ini, disebutkan, para pelaku pariwisata yang terdampak masih belum mendapat bantuan. Padahal mereka juga termasuk orang-orang yang terdampak dan seharusnya mendapat bantuan dampak Covid-19.

Seperti yang diungkapkan, Pengelola Tirtosari View, Mufidun Alamin, pihaknya sudah menutup tempat wisata di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro itu sejak ada himbauan dari pemerintah. “Kita tutup, kita mengikuti arahan,” ucapnya, Senin (20/4/2020).

Dengan ditutupnya pemandian alam itu, otomatis para pekerja di sana kehilangan sumber pendapatan. “Karena kita menggaji mereka harian. Saat ini mereka istilahnya harus bekerja serabutan,” katanya.

Tak hanya itu, bagi para pedagang yang biasanya berjualan di sana juga ikut terdampak. “Karena kita tutup total, sehingga para pedagang juga tidak lagi berjualan di sana,” ujarnya.

Kondisi ini menurutnya, tak hanya terjadi di Tirtosari View, di tempat wisata lainnya juga sama. Para pelaku pariwisata juga kebingungan. Bahkan kata dia, ada temannya yang memiliki usaha jasa travel dan homestay yang masih harus membayar karyawannya. Padahal tidak ada wisatawan sama sekali.

“Selama ditutup ini, tentu tidak ada tamu sama sekali. Tapi dia tetap harus membayar gaji karyawannya,” ucap Amin.

Ia pun berharap para pelaku pariwisata ini ikut diperhatikan selama pandemi Covid-19. “Jadi bukan hanya masyarakat umum saja yang dibantu, namun para pekerja di sektor wisata yang terdampakn juga diperhatikan,” jelasnya.

Amin menambahkan, selama tutup, pihaknya telah mengosongkan kolam yang ada. Kemudian sudah melakukan penyemprotan cairan disinfektan. “Setiap Jumat kita juga melakukan bersih-bersih,” pungkasnya. (fit)