Total Bantuan Beras dari Masyarakat Capai 59 Ton

Beras yang terkumpul di Gor Wira Bhakti sebelum dibagikan. (*)
Lumajang, Motim - Total bantuan beras yang terkumpul dari masyarakat untuk warga terdampak pandemi Covid-19 hingga saat ini lumayan banyak. Dari data terakhir Dinas Sosial, sudah mencapai 11.855 zak 5 kilograman atau total 59,27 ton.

Kepala Dinas Sosial Lumajang Dewi Susiyanti menyampaikan, data tersebut merupakan update 14 April 2020. Beras tersebut terkumpul di Gor Wira Bhakti yang menjadi gudang sementara selama pandemi Covid-19.

“Bantuan beras ini dari masyarakat untuk masyarakat,” ucapnya. Termasuk juga dari para pengusaha di Lumajang. Jadi bantuan beras yang terkumpul dalam program ‘Ngeramut Tonggo’ itu bukan Pemkab Lumajang.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang juga akan menyalurkan beras 100 ton melalui program tersebut. Namun saat ini Baznas masih menunggu proses pendataan. Baznas merealokasi dana zakat yang sedianya untuk bulan Ramadan.

Dewi menjelaskan, pihaknya sudah menyalurkan beras untuk warga di 6 kecamatan yang masuk zona merah. Diantaranya Kecamatan Kedungjajang, Sukodono, Randuagung, Pasirian, Tempeh, dan sumbersuko.

“Yang kita keluarkan yang untuk (kecamatan) zona merah saja kemarin (13 April 2020),” katanya. Total ada ada 9.993 sak atau 49,96 ton kepada warga terdampak Covid-19 di zona merah. (fit)