16 Orang Ikuti Seleksi Kompetensi Jabatan Tinggi Pratama

Lumajang, Motim - Proses Seleksi Jabatan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berlanjut. Sudah ada 16 orang yang lolos seleksi administrasi dan kini mengikuti tahap seleksi berikutnya.
Plt Kepala BKD Lumajang Akhmad Taufik Hidayat
Plt Kepala BKD Lumajang Akhmad Taufik Hidayat
Tahapan selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural (assessment center) yang dilaksanakan pada 4-5 Mei 2020. Seperti diketahui, pendaftaran dibuka untuk 5 pimpinan. Diantaranya Inspektur Inspektorat, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Ada 16 pendaftar. Mereka sudah memenuhi persyaratan, baik seleksi administrasinya, baik persyaratan lain seperti usia, lain-lain seperti hukuman disiplin juga tidak ada yang sedang menjalani hukuman disiplin,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat.

Ia menjelaskan bahwa minimal 3 orang pada masing-masing lowongan harus terisi. Namun berdasarkan aturan terbaru, 2 orang pendaftar sudah memenuhi syarat untuk melanjutkan proses seleksi.

“Satu lowongan minimal 3, menurut SE (Surat Edaran) yang terbaru, kalau tidak memenuhi diperpanjang 3 hari, kalaupun ada 2 juga bisa diproses,” paparnya.

Setelah Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural (assessment center), tahapan berikutnya Seleksi Kompetensi Teknis (makalah, presentasi, dan wawancara) yang dilakukan oleh Tim Penguji dari Surabaya dan wawancara oleh Panitia Seleksi (Pansel).

Hasil akhir seleksi Pejabat Tinggi Pratama nantinya akan dilaporkan ke Bupati dan akan diambil 3 nama terbaik. Nantinya hasil akhir seleksi akan dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara sebelum dilakukan Pelantikan sebagai Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) definitif pada tanggal 2 Juni 2020. (fit)