478 Karyawan di Lumajang Dirumahkan, Dampak Covid-19

Lumajang, Motim - Dampak pandemi Covid-19 nampaknya dirasakan para karyawan di Kabupaten Lumajang. Tak sedikit jumlah karyawan yang harus dirumahkan oleh perusahaan atau tempatnya bekerja selama pandemi Covid-19 ini.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang Suharwoko
Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang Suharwoko
Kepala Dinas Tenaga Kerja Lumajang, Suharwoko menyampaikan, sejauh ini data yang ada di pihaknya, sudah ada beberapa perusahaan yang telah merumahkan karyawannya. Jumlahnya sudah mencapai 478 karyawan.

“Ada beberapa perusahaan itu merumahkan karyawannya, ada 478 karyawan di rumahkan,” katanya.

Lanjutnya, status karyawan yang dirumahkan berbeda dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Karena jika dirumahkan, karyawan tersebut masih akan dipekerjakan lagi, jika perusahaan sudah normal kembali.

“Nanti kalau kondisinya membaik, dipekerjakan kembali,” ucapnya.

Dari sekian karyawan yang telah dirumahkan itu, dari berbagai sektor. “Macam-macam, ada restoran, rumah makan, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Karena kondisinya darurat,” lanjut Suharwoko.

Tak hanya dirumahkan, ternyata ada juga sejumlah karyawan yang harus di PHK selama pandemi Covid-19. Namun jumlahnya sangat sedikit. “Yang di-PHK ada 9 orang, memang betul-betul PHK,” ujar dia. (fit)