Alhamdulillah, Lumajang Bolehkan Masjid Gelar Salat Idul Fitri

Lumajang, Motim - Akhirnya telah diputuskan, masjid di Kabupaten Lumajang diperbolehkan menggelar Salat Idul Fitri. Ini sesuai dengan hasil rapat koordinasi semua jajaran terkait di Gedung Panti PKK, Senin (18/5/2020) malam.
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Salat Idul Fitri
Rapat Koordinasi Pelaksanaan Salat Idul Fitri
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq yang memimpin rapat tersebut mengatakan, pelaksanaan salat Idul Fitri boleh diselenggarakan namun dengan catatan. Yakni tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

“Diperbolehkan melaksanakan Salat Idul Fitri dengan persyaratan mematauhi aturan-aturan protokol kesehatan atau tetap menggunakan cara-cara pencegahan virus Corona dan tidak terlalu banyak orang atau tidak melebihi halaman masjid,” terangnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari penumpukan jamaah di satu masjid, Bupati berharap ada musholah sekitar yang juga menyelenggarakan Salat Idul Fitri. Hal itu untuk memecah keramaian jamaah di masjid.

Selanjutnya, Pemkab Lumajang juga akan menerbitkan surat himbauan kepada takmir masjid sebagai pedoman pelaksanaan penyelenggaraan Sholat Idul Fitri tahun ini. “Jadi pemerintah daerah akan membuat surat himbauan kepada takmir masjid, terutama masjid yang ingin melaksanakan Sholat Idul Fitri di masjid,” ujarnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lumajang, KH. Achmad Hanif menambahkan, juga perlu adanya penjagaan yang ketat supaya tidak berkrumun di satu titik masjid atau mushalah. Kemudian harus menyediakan thermometer agar bisa digunakan.

“Tentu saja perlu koordinasi dengan RT/RW setempat agar bisa mengetahui yang sudah positif atau karena bawaan sakit untuk tidak mengikuti sholat Idul Fitri dan bisa melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah agar lebih maslahah,” ungkapnya. (fit)