Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos Sudah Turun

Lumajang, Motim - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) di beberapa desa sudah dibagikan. Kini kembali turun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos). Bantuan tersebut merupakan runtutan dari program Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Kepala Dinas Sosial Lumajang, Dewi Susiati
Kepala Dinas Sosial Lumajang, Dewi Susiati
“Dana BST tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing (penerima),” kata Kepala Dinas Sosial Lumajang, Dewi Susiati. Besaran angka bantuan yang diberikan adalah sebanyak Rp 600 ribu setiap kepala keluarga.

Dia juga menjelaskan bahwa BST berbeda dengan penerima keluarga harapan (PKH). KPM ada tiga yakni KPM BST, KPM Sembako dan KPM PKH. Data penerima bantuan KPM BST berasal dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang telah ditentukan.

Kasi Penanganan dan Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Lumajang, Nira Fitri Aviana menyatakan, telah ada 29.008 kepala keluarga (KK) yang mendapat dana BST. Dana tersebut langsung diturunkan oleh Kementerian Sosial. Data diambil dari data DTKS dan Non DTKS.

Dia menambahkan, data DTKS berjumlah 22.623 KK sedangkan Non DTKS 6.385 KK dan secara keseluruhan berjumlah 29.008 KK. “Untuk yang DTKS ditentukan langsung dari pusat, sedangkan Non DTKS dari pihak daerah. Dan yang menentukan sesuai pengajuan pihak kecamatan. Namun tidak sembarang bisa mengajukan, syaratnya adalah memiliki administrasi lengkap,” terangnya.

Nira sapaanya menyatakan, meski dana tersebut telah turun dan masuk ke rekening masing-masing. Namun penerima belum mengkonfirmasi masuknya dana tersebut kepada dinas sosial. “Sehingga dari kita masih belum ada data yang telah terverifikasi telah menerima atau masih belum. Dan saat ini juga masih dilakukan koordinasi kepada pihak pusat,” pungkasnya. (fit)