Dilarang Mudik, ASN Wajib ‘Shareloc’ Saat Libur Lebaran

Lumajang, Motim - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai libur lebaran pada 21 Mei sampai 26 Mei 2020. ASN hanya merasakan libur selama 5 hari saja. Pasalnya cuti bersama pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini ditiadakan.
ASN Lumajang
ASN Lumajang
“Karena tidak ada cuti bersama, diundur nanti Desember,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat, Selasa (19/5/2020).

Selama libur tersebut, ASN dilarang mudik. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Larangan tersebut sudah disampaikan pada semua ASN. “Sudah kita kirimkan surat larangan untuk mudik,” ucapnya.

Untuk memantau posisi ASN selama libur tersebut, mereka wajib mengirimkan lokasi terkini atau share location (shareloc) melalui aplikasi whatsapp (WA). “Dikirim via WA ke pimpinan masing-masing. Nanti pimpinan yang memantau,” ujar Taufik.

Jika ada ASN yang nekat mudik, tentu ada sanksi yang akan diberikan pada mereka. Sanksinya mulai ringan, sedang hingga berat. “Mulai dari penundaan gaji berkala, penundaan kenaikan pangkat, turun pangkat satu tahun, turun pangkat 3 tahun, pembebasan jabatan, sampai pemberhentian,” tegasnya.

Taufik pun menghimbau kepada semua ASN agar mematuhi larangan ini. Karena ini demi mengantisipasi penyebaran Covid-19. (fit)