Dinas Ketahanan Pangan Lumajang Upayakan Beras Poktan Lumbung Terserap di Tengah Pandemi

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang Sutan Wardono. (fit)
Lumajang, Motim - Dinas Ketahanan Pangan Lumajang berupaya agar beras dari Kelompok Tani (Poktan) Lumbung Pangan dan Lembaga Pembeli Gabah (LPG) banyak terserap di tengah pandemi Covid-19.

Salahsatu cara yang dilakukan adalah, mempertemukan mereka dengan PNS Peduli Covid-19. Agar pengadaan beras yang akan disumbangkan PNS ke warga terdampak, disuplai oleh Poktan Lumbung Pangan dan LPG.

"Karena Poktan dan LPG binaan kita ini berhubungan langsung dengan petani," ucap Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lumajang Sutan Wardono.

PNS Peduli Covid-19 yang diketuai Sekda Lumajang Agus Triyono, pada tahap pertama sudah menyumbang 120 ton beras. Pada tahap kedua, mereka juga berencana kembali menyumbangkan 120 ton beras untuk warga terdampak Covid-19.

"Ini mungkin nanti yang terlibat sekitar 15 Poktan Lumbung dan LPG yang sudah siap. Dalam hal ini siap bekerjasama dan siap menyediakan beras yang dibutuhkan PNS Peduli Covid-19," ujar Sutan.

Namun masih ada kemungkinan akan lebih banyak Poktan Lumbung Pangan dan LPG yang akan terlibat. "Jika yang lain sudah siap bergabung, untuk menyiapkan beras yang dibutuhkan, mungkin akan lebih dari itu," terangnya.

Tak hanya itu, anggota DPRD Lumajang yang juga akan menyumbang beras, juga berminat mengambil beras dari para Poktan dan LPG itu. "Informasinya begitu, dewan juga. Nanti kita koordinasikan lagi," pungkasnya. (fit)