Harga Daging Ayam Mengalami Fluktuasi

Lumajang, Motim - Di tengah pandemi Covid-19 yang juga bertepatan dengan bulan Ramadan, harga daging ayam broiler mengalami fluktuasi. Harga daging ayam di Lumajang terpantau naik-turun dalam sebulan belakangan ini.
Pedagang ayam di Pasar Baru Lumajang
Pedagang ayam di Pasar Baru Lumajang
Harga terakhir, daging ayam di angka Rp 25 ribu perkilogram. Seminggu yang lalu, harganya Rp 26 ribu perkilogram. Sebelumnya sempat juga di angka Rp 24 ribu perkilogram. Bahkan pernah harganya Rp 28 ribu perkilogram.

Sekertaris Dinas Perdagangan Lumajang, Azziz Fahrurrozy menyatakan, harga tersebut masih di batas normal. “Untuk ayam broiler atau ayam potong di beberapa pasar harganya masih tetap dan terbilang stabil,” ucapnya.

Menurutnya, harga daging ayam bisa dikatakan tidak normal, ketika di atas Rp 35 ribu perkilogram. Seperti yang terjadi pada bulan-bulan sebelumnya. “Kenaikan signifikan ketika sebesar Rp 36.000,” ucap Azziz.

Dia berharap harga ayam potong tetap seperti sekarang yang berkisar diantara Rp 24 ribu sampai Rp 27 ribu perkilogram. “Setelah harga melambung hingga Rp 36 ribu, turun secara drastis sampai belasan ribu rupiah. Kondisi tersebut sangat merugikan peternak ayam,” ujarnya.

Dia juga menyatakan, selama kondisi pandemi covid-19 perkembangan harga bahan pokok akan selalu dipantau. “Apalagi saat ini bulan puasa,” ucapnya. Terutama ketersediaan harga beras yang menjadi fokus utama dan beberapa kebutuhan pokok lainya. (fit)