Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Mulai Naik

Lumajang, Motim - Harga daging ayam menjelang Hari Raya Idul Fitri mengalami kenaikan. Harga daging ayam broiler khusunya, memang beberapa bulan terakhir mengalami fluktuasi. Bahkan sempat sampai di harga yang terendah.
Penjual daging ayam di Lumajang
Penjual daging ayam di Lumajang
Dari pemantauan Dinas Perdagangan Lumajang, harga daging ayam potong di sejumlah pasar mengalami berbedaan. Di Pasar Sukodono harganya Rp 30 ribu perkilogram. Sementara di Pasar Baru harganya Rp 35 ribu perkilogram.

Sekretaris Dinas Perdagangan Lumajang, Aziz Fahrurrozi menjelaskan, naiknya harga ayam, karena jumlah permintaan yang juga meningkat menjelang lebaran. “Akhirnya harga ikut naik,” ucapnya, Senin (18/5/2020).

Ia pun memprediksi, harganya pun akan terus mengalami kenaikan sampai hari raya mendatang. “Diperkirakan akan naik harganya,” ucapnya.

Aziz menjelaskan, jika harga daging ayam di atas Rp 35 ribu perkilogram, artinya itu sudah di atas rata-rata dan masuk kategori mahal. “Normalnya harga ayam potong broiler itu Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu,” pungkasnya.

Namun dari informasi sejumlah pedagang kuliner pada Memo Timur, ada harga daging ayam yang sudah dijual di atas Rp 35 ribu. “Barusan Saya beli harganya Rp 38 ribu perkilogram,” ucapnya. (fit)