Jika BLT Tak Tepat Sasaran, Masyarakat Bisa Protes Kades

Lumajang, Motim - Beberapa desa di Kabupaten Lumajang sudah membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD). Daftar nama penerima BLT tersebut pun diumumkan secara transparan di balai desa dan tempat strategis lainnya.
Pembagian BLT Dana Desa
Pembagian BLT Dana Desa
Sehingga masyarakat bisa memantau langsung siapa saja penerima BLT tersebut. Apakah sudah tepat sasaran atau tidak. Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menegaskan, masyarakat juga bisa memprotes kades jika ada BLT yang tak tepat sasaran.

“Makanya data penerima semua masyarakat harus tahu, kalau ada yang salah sasaran, masyarakat bisa menyampaikan kepada kepala desa, ini harus transparan datanya,” ungkap Wabup saat meninjau penyerahan BLT di Desa/Kecamatan Randuagung, Rabu (6/5/2020).

“Masyarakat boleh protes ke pak inggi kalau ada yang nerima yang tidak tepat sasaran,” tegasnya.

Data para penerima juga sudah disesuaikan dan diverifikasi saat musyawarah desa yang diikuti oleh para RT/RW dan Tokoh Masyarakat. Wabup berterimakasih kepada seluruh kepala desa yang sudah melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Dirinya juga meminta agar semua kepala desa memaksimalkan anggaran untuk pemenuhan kebutuhan penanganan dampak akibat pandemi Covid-19. BLT Dana Desa yang besarannya Rp. 600.000 itu akan diserahkan selama 3 bulan. (fit)