Kepala OPD Baru Hasil Seleksi Jabatan Dilantik Usai Lebaran

Lumajang, Motim - Seleksi Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Lumajang sudah selesai dilaksanakan. Nama-nama peserta yang berhasil lolos hingga tahap akhir sudah diumumkan. Bahkan sudah dikirim ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dimintai rekomendasi. Rencananya, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru itu akan dilantik usai lebaran Idul Fitri.
Plt Kepala BKD Lumajang Akhmad Taufik Hidayat
Plt Kepala BKD Lumajang Akhmad Taufik Hidayat
“Kita sudah kirimkan untuk minta rekom ke KASN. Di sana akan dilihat, apakah memenuhi syarat dan sebagainya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lumajang, Akhmad Taufik Hidayat, Selasa (19/5/2020).

Seperti diketahui Panitia Seleksi membuka lowongan 5 jabatan. Diantaranya Inspektur, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Namun dari 5 jabatan tersebut, untuk jabatan Kepala Dinas Perhubungan bakal tidak terisi. Karena tidak ada peserta yang berhasil lolos. “Karena nilainya tidak ada yang memenuhi syarat. Sehingga tidak kita usulkan,” ucapnya.

Ada 11 nama dari 4 lowongan jabatan yang dikirim ke KASN. Setelah rekomendasi dari KASN itu turun, nama-nama tersebut akan diserahkan ke Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Bupati akan memilih satu nama dari masing-masing lowongan jabatan untuk dilantik.

Taufik pun berharap, proses di KASN bisa berjalan cepat. Karena situasi pandemi Covid-19 ini, jajaran KASN bekerja dari rumah. Sehingga semua proses dilakukan secara online. “Sistimnya online, kita tidak bisa menjemput (rekomendasi) ke Jakarta, kan harus nunggu,” jelasnya.

Sesuai dengan target, pelantikan Kepala OPD yang baru itu bisa dilaksanakan pada 2 Juni 2020. “Mudah-mudahan sesuai dengan target, 2 Juni kita bisa pelantikan atau setelah lebaran,” pungkasnya. (fit)