LMDH dan Perhutani Bantu Warga Terdampak Pandemi

Lumajang, Motim - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Umbul Sari, Desa Umbul, Kecamatan Kedungjajang, bersama Perhutani BKPH Klakah melakukan aksi sosial di tengah pandemi Covid-19. Mereka menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak.
LMDH dan Perhutani memberikan bantuan kepada warga
LMDH dan Perhutani memberikan bantuan kepada warga
Bantuan itu didistribusikan merata di Dusun Darungan, Jumat (15/5/2020). Rata-rata penerima bantuan ini yang belum terkover dari bantuan dari pemerintah. Baik itu dari pemerintah pusat, propinsi maupun pemerintah daerah.

“Arahan Pak Asisten Perhutani (Asper), bantuan sembako ini, untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi, salah satunya di desa ini seperti itu,” kata Ketua LMDH Umbul Sari, Totok Hartono.

Bantuan ini didapatkan dari dana sosial alokasi anggaran sharing tahun 2017. “Ada dana sosial yang harus kita peruntukan kepada saudara kita yang saat ini terdampak corona, semua pengurus sepakat kita wujudkan dalam bentuk sembako ini mas,” jelasnya.

Sementara Asper Perhutani BKPH Klakah, Soegiharto Aries Soebagiyo. ST, menyampaikan, giat roda ekonomi di Desa Umbul juga terdampak. Sehingga Perhutani dengan LMDH berinisiasi memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak corona.

“Kami berharap bantuan ini bermanfaat bagi sodara-sodara kita yang ada di sini,” harapnya.

Selain membagikan sembako, kegiatan serupa dengan LMDH juga dilakukan dalam wujud sedekah tanaman di kawasan sumber mata air, menurut Soegiharto Aries Soebagiyo, hal ini dilakukan serempak selama bulan Ramadhan, agar sumber mata air tetap lestari.

“Kita tahu kawasan utara kerap kali kekeringan jika kemarau datang, sesuai petunjuk Pak Waka, langkah penanaman dengan bibit dari pribadi masing-masing ini, langsung kita jalankan,” pungkasnya.

Sementara itu Mandor Polter BKPH Klakah, Tomo berharap, masyarakat yang berada di dekat kawasan hutan, turut serta menjaga kelestarian alam. Karena dari hasil hutan inilah, sedikit banyak bisa membantu kelangsungan ekonomi masyarakat sekitar.

“Ini juga karena peran serta masyarakat yang cukup baik, sehingga terwujud kegiatan semacam ini,” jelasnya. Dia berharap sinergi dari semua pihak tetap terjaga dan akan berlangsung baik untuk kedepanya. (fit)