Lumajang Miliki Mesin Tes Cepat Molekuler untuk Covid-19

Lumajang, Motim - Kabupaten Lumajang mendapatkan bantuan 1 unit mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) dari Pemerintah Pusat. Mesin tersebut sebenarnya untuk pemeriksaan penyakit Tuberculosis (TBC). Namun bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19.
Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Ignasius Wibowo
Dinas Kesehatan Lumajang dr. Bayu Ignasius Wibowo
“Menggunakan sampel sputum atau dahak, ini sejenis alat untuk pemeriksaan TBC namun bisa digunakan untuk Covid,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Ignasius Wibowo, Sabtu (9/5/2020) malam.

Ia menegaskan, pemeriksaan Covid-19 dengan menggunakan mesin itu, diprioritaskan bagi pasien dalam pengawasan (PDP). Agar bisa cepat ditentukan statusnya, apakah positif atau negatif.

“Jadi waktu untuk menentukan pasien positif atau negatif jadi lebih cepat, biasanya 10 hari, harapannya kalau kita punya alat sendiri, periksa hari ini hasilnya juga keluar hari ini,” ungkapnya.

Bayu mengungkapkan, Lumajang sebenarnya mempunyai 3 unit mesin serupa. Namun dikhususkan untuk pemeriksaan TB. Mesin baru dari Pemerintah Pusat ini yang akan dikhususkan untuk pemeriksaan Covid-19.

“TCM kita ada di Rumah Sakit Pasirian, RSUD dr. Haryoto dan Puskesmas Pasirian. Tetapi Kementerian Kesehatan membuat kebijakan alat yang digunakan untuk pemeriksaan TBC tidak boleh digunakan untuk Covid supaya akurasinya lebih tinggi dan tidak cepat rusak,” jelasnya. (fit)