PDAM Akan Gratiskan Tagihan 2 Ribu Pelanggan

Lumajang, Motim - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lumajang akan meringankan beban pelanggan di tengah pandemi Covid-19 ini. PDAM akan menggratiskan tagihan bagi pelanggan. Namun tidak semuanya. Hanya ada sekitar 2 ribu pelanggan saja.
Pjs Direktur PDAM Lumajang Lukman Hakim
Pjs Direktur PDAM Lumajang Lukman Hakim
Sebanyak 2 ribu pelanggan itu merupakan dari kalangan rumah tangga tipe A. Yakni mereka yang berpendapatan di bawah rata-rata. Rencananya PDAM akan menggratiskan tagihan pelanggan pada bulan Juni atau Juli mendatang.

“Jadi kita gratiskan satu bulan saja. Bisa pemakaian bulan Mei dibayar Juni atau pemakaian Juni dibaya Juli,” ucap Pejabat Sementara (Pjs) Direktur PDAM Lumajang, Lukman Hakim.

Saat ini pihaknya sudah mengajukan rencana penggratisan ini kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq. Karena sebagai Pjs, dirinya tidak bisa memberikan keputusan. Namun hingga saat ini masih belum ada keputusan dari bupati.

“Sampai hari ini masih belum turun disposisi dari beliau,” ujar dia.

Pihaknya hanya memilih rumah tangga tipe A, karena itu yang dinilai paling terdampak Covid-19 saat ini. “Menurut kami, yang terdampak rumah tangga tipe A, karena itu tarif paling rendah,” pungkasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan aksi sosial, membagikan bantuan pada para pelanggan yang dinilai paling membutuhkan. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan instansi lainnya. (fit)