Pemandian Selokambang Ditutup Hingga Lebaran, Sekitar 50 Pedagang Terpaksa Libur Berjualan

Lumajang, Motim - Sejak pertengahan Maret 2020, semua tempat wisata di Lumajang sudah diimbau untuk tutup total. Penyebabnya, karena adanya pandemi Covid-19. Demi menghindari kerumunan massa di tempat wisata.
Pemandian Alam Selokambang
Pemandian Alam Selokambang
Termasuk salahsatunya yang harus tutup adalah Pemandian Alam Selokambang. Hingga kini belum tahu kapan tempat wisata yang dikelolah Pemerintah Kabupaten Lumajang itu dibuka kembali. Bahkan rencananya, selama lebaran juga akan tetap ditutup.

Meski diketahui, pemandian di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko itu ramai dikunjungi wisatawan saat Hari Raya Idul Fitri. “Hari Raya kemungkinan juga ditutup total,” kata Koordinator Pemandian Alam Selokambang, Abdul Wahid, Senin (11/5/2020).

Selama Selokambang ditutup, semua petugas tidak diliburkan. Petugas yang berjumlah sekitar 30 orang itu tetap bekerja. Mereka tetap bersih-bersih, menguras kolam, hingga melakukan penyemprotan cairan disinfektan.

“Setiap hari Kami kuras. Kalau tidak, ada lumutnya,” ucap Abdul Wahid saat ditemui Memo Timur. Tak hanya membersihkan kolam pemandian, pihaknya juga harus menjaga kebersihan sumber mata air.

Ia menagaskan, selama Selokambang ditutup, salahsatu dampaknya adalah pada para pedagang yang biasa berjualan di sana. Otomatis, ketika Selokambang ditutup, mereka tak bisa lagi mengais rezeki di sana.

Padahal jumlah pedagang yang menggantungkan hidup di Selokambang juga tak sedikit. “Ada sekitar 50 pedagang,” ucapnya. Mulai dari pedagang makanan, minuman, mainan anak, hingga pakaian.

Abdul Wahid menambahkan, untuk pedagang yang biasa berjaualan di sana, sementara ini masih belum mendapat bantuan. “Ini masih akan kita ajukan untuk mendapat bantuan,” jelasnya. Karena mereka juga termasuk warga yang terdampak Covid-19.

Warga yang biasa memanfaatkan Selokambang untuk terapi kesehatan juga tak bisa melakukan terapi di sana sementara waktu. Biasanya mereka mandi di Selokambang pada pagi hari. Mulai pukul 5 hingga 7 pagi. (fit)