Positif Covid-19 Lumajang Meningkat, Jumlah Tenaga Medis Terbatas

Lumajang, Motim - Kasus positif Covid-19 di Lumajang terus meningkat. Jumlahnya, hingga 3 Mei 2020, sudah mencapai 24 orang. Namun di sisi lain, Dinas Kesehatan Lumajang mengakui, jika jumlah tenaga medis di Lumajang terbatas.
Kepala Dinas Kesehatan Bayu Wibowo
Kepala Dinas Kesehatan Bayu Wibowo
“Jumlah tenaga medis, kita akui ada keterbatasan, rumah sakit ada keterbatasan kamarnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Bayu Wibowo.

Tetapi, tak semua pasien positif Covid-19 dirawat atau diisolasi di rumah sakit. Pasien positif yang tanpa gejala bisa melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun tetap dengan pemantauan.

Lanjut Bayu, pengadaan tenaga medis juga ada keterbatasan. “Pengadaan tenaga ada keterbatasan, terkait anggaran dan moratorium,” ucapnya.

Oleh karena itu pihaknya berharap agar masyarakat bisa menjaga kesehatan masing-masing. Sehingga tidak banyak yang sakit. “Harapannya kita jangan banyak yang sakit. Pencegahan di garis depan adalah masyarakat, harus saling jaga,” ungkap dia.

Ia juga berharap masyarakat mematuhi himbauan yang ada, terkait pencegahan Covid-19. “Harus jaga diri sendiri, keluarga. Kalau ada himbauan dari pemerintah terkait pakai masker, harus dilakukan. Kemudian jangan berkumpul,” ucapnya. (fit)