Warga yang Belum Miliki KTP Tetap Bisa Dapat BLT DD

Lumajang, Motim - Pemerintah memastikan bahwa masyarakat desa yang menjadi calon penerima bantuan sosial (bansos) terdampak Covid-19 yang belum memiliki nomor induk kependudukan (NIK) atau KTP masih tetap bisa mendapatkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).
Pengumuman penerima BLT DD
Pengumuman penerima BLT DD
“Ketika ada calon penerima bansos yang tidak/belum punya NIK, maka pemerintah akan memfasilitasi agar mereka mendapatkan kemudahan dalam mengurus adminduknya karena akan dilakukan secara kolektif, sehingga tidak memberatkan calon penerima bansos karena kemudahan ini adalah upaya kemanusiaan,” kata Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lumajang, Dadang Arifin Prestiawan.

Dadang juga mengatakan, bahwa adapun mekanisme yang harus dilakukan oleh calon penerima BLT DD yang telah terdata di semua desa se-Kabupaten Lumajang. Jika ada yang belum memiliki NIK tersebut, diharapkan untuk segera melaporkannya kepada kepala desa setempat.

Lanjut dia, dengan melaporkan kepada kepala desa setempat, maka nantinya pemerintah desa akan dapat memfasilitasi langsung untuk dilakukan pengurusan adminduk secara kolektif di kantor pelayanan kecamatan terlebih dahulu. Sehingga melalui program jemput bola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan dicrosscheck datanya untuk kemudian dilakukan pendataan dan pembuatan KK/KTPnya.

“Adapun yang akan menerima fasilitas ini adalah warga yang menderita sakit parah, tidak bisa beraktivitas dan penyandang Tunanetra. Sedangkan, yang kesehatannya normal bisa datang langsung ke kantor pelayanan di kecamatan setempat untuk diproses,” ujar dia. (fit)