Zakat, Infaq, dan Sodakoh selama Ramadan Tembus Rp 570 Juta

Lumajang, Motim - Pembayaran Zakat, Infaq, dan Sodakoh (ZIS) selama Ramadan kali ini nampaknya tidak terpengaruh adanya pandemi Covid-19. Karena jumlah yang terkumpul di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lumajang pada Ramadan kali ini terbilang tinggi.
Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, pada Ramadan kali ini yang diterima Baznas tembus sekitar Rp 570 juta. Bahkan jika dibandingkan pada Ramadan tahun lalu, ada peningkatan.

“Pada Ramadan tahun kemarin kita mendapat Rp 536 juta,” katanya, Selasa (19/5/2020).

Namun diperkirakan jumlah yang diperoleh masih bisa bertambah. Mengingat Ramadan masih tersisa beberapa hari. Atok pun berharap, jumlah yang diterima bisa menembus Rp 600 juta. “Kemungkinan masih ada tambahan. Semoga bisa menjadi Rp 600 juta,” harapnya.

Dari sekian ZIS yang diterima Baznas selama Ramadan, diantaranya yang paling banyak dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun ada juga zakat mal dari profesi lainnya yang juga cukup besar. Seperti dari kalangan dokter.

“Ada beberapa dokter yang membayar zakat mal-nya yang diserahkan setiap tahun. Ada yang membayar Rp 80 juta, ada yang Rp 30 juta,” jelasnya.

Selama Ramadan ini, Baznas juga menyalurkan dana zakat yang terkumpul itu. Diantaranya menyalurkan pada lembaga-lembaga keagamaan. “Penyaluran saat ini masih terus berlangsung ke lembaga-lembaga itu,” ungkapnya. (fit)