27 Pasien Covid-19 di Lumajang Sembuh

Lumajang, Motim - Jumlah pasien positif Covid-19 yang berhasil sembuh di Kabupetan Lumajang terus mengalami peningkatan. Data terkahir, per 6 Juni 2020, jumlahnya sudah mencapai 27 orang. Atau ada penambahan 6 pasien sembuh dari minggu lalu.
Peta sebaran Covid-19 di Lumajang
Peta sebaran Covid-19 di Lumajang
Sementara jumlah kasus positif Covid-19 perlahan tak bergerak cepat penambahannya. Kini jumlahnya ada 46 kasus. Atau hanya ada penambahan 1 kasus postif dalam seminggu terakhir ini.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP), jumlahnya ada 102 orang. Atau ada penambahan 10 pasien dari seminggu lalu. Sedangkan orang dalam pengawasan (ODP), tercatat ada 389. Minggu lalu jumlahnya 383 orang.

Dengan kondisi seperti ini, Bupati Lumajang Thoriqul Haq sudah mulai mengambil langkah, untuk menerapkan kehidupan new normal (normal baru) di Lumajang. Hal itu menurutnya akan dilakukan secara perlahan.

“Tentu pelan-pelan new normal ini kita berlakukan. Tetap menjaga prosedur protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak,” seperti yang Ia katakan beberapa hari lalu.

Bupati memastikan, saat ini kehidupan ekonomi di Lumajang sudah mulai normal. “Kehidupan ekonomi sudah normal,” jelasnya. Sebelumnya, para Pedagang Kaki Lima (PKL) sudah mulai boleh berjualan.

Pasar Hewan yang sempat ditutup juga sudah dibuka kembali. Jam operasional toko modern kembali dilonggarkan. Termasuk para santri juga sudah dibolehkan untuk kembali ke pondok pesantren.

Tetapi, untuk sektor wisata, bupati menegaskan, masih belum bisa dijalankan. “Tempat wisata masih belum kita perkenankan,” ungkapnya. (fit)