49 Kasus Positif Covid-19 di Lumajang, 33 Diantaranya Sembuh

Lumajang, Motim - Angka positif Covid-19 di Lumajang memang masih ada penambahan hingga saat ini. Namun di sisi lain, jumlah pasien yang berhasil sembuh jumlahnya juga kian bertambah banyak.
Peta sebaran Covid-19 di Lumajang
Peta sebaran Covid-19 di Lumajang
Data terakhir, per 13 Juni 2020, jumlah kasus positif sudah mencapai 49 kasus. Meski begitu, jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 terus bertambah kian hari. Saat ini sudah mencapai 33 orang pasien yang sembuh.

Dengan banyaknya jumlah pasien yang sembuh ini, Kabupaten Lumajang mejadi daerah yang sudah berubah statusnya dari Zona Merah (berisiko tinggi penularan Covid-19) menjadi zona kuning (berisiko rendah penularan Covid-19).

Saat ini, ada 5 daerah di Jawa Timur yang masuk zona kuning. Selain Kabupaten Lumajang, ada Kabupaten Trenggalek, Kota Pasuruan, Kabupaten Ponorogo, dan juga Kota Blitar.

Sebelumnya, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan, ketika sudah ditetapkan zona kuning, pihaknya bersama jajaran lainnya akan melakukan operasi kepada masyarakat Lumajang. Untuk memastikan masyarakat Lumajang tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Untuk memastikan masyarakat Lumajang harus taat dan patuh terhadap protokol kesehatan, dalam rangka pencegahan Covid-19,” katanya.

Ia tidak ingin zona kuning yang ditetapkan saat ini menjadi tak terkendali. Karena bupati ingin Lumajang bisa terus beranjak dan menjadi zona hijau. “Kami ingin terus beranjak menjadi zona hijau,” ucapnya. (fit)