Baznas Komitmen Bantu Upaya Percepatan Penanganan Covid-19

Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) telah melakukan rapat koordinasi secara daring. Jajaran Baznas Lumajang pun mengikuti rapat koordinasi terkait peran Baznas di tengah pandemi Covid-19.
Rapat koordinasi Baznas secara daring
Rapat koordinasi Baznas secara daring
Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, kesimpulan dalam rapat tersebut adalah, Baznas harus berkomitmen dan sungguh-sungguh. Untuk mengelolah dan mengembagkan perzakatan nasional, dalam upaya penanganan Covid-19.

Ada beberapa poin yang harus dipatuhi oleh Baznas pusat hingga daerah, termasuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) ketika menjalankan tugas tersebut. “Diantaranya wajib mematuhi prosedur dan protokol kesehatan,” jelasnya, Kamis (11/6/2020).

Lanjutnya, semuanya juga harus berkomitmen untuk menjaga solidaritas dalam penanganan Covid-19. “Kita berkomitmen melakukan kemitraan dan koordinasi dengan pemerintah, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pihak-pihak terkait lainnya,” ujarnya.

Baznas juga harus siap menghadapi kehidupan normal baru (new normal). Strategi dan langkah-langkah kongkrit harus disusun untuk mengahadapi New Normal. “Kita juga wajib menerapkan pendekatan mendatangi mustahik, bukan mengumpulkan mustahik sesuai protokol kesehatan,” ucapnya.

H. Atok menegaskan, keamanan dan relawan juga harus diperhatikan. Salahsatunya dengan memanfaatkan teknologi. Pembayaran zakat bisa menggunakan platform pembayaran yang ada. “Kita juga harus meningkatkan layanan masyarakat untuk berdonasi di tengah pandemi dan kondisi new normal,” pungkasnya. (fit)