Budidaya Ikan Koi Dikembangkan di Ranu Klakah

Lumajang, Motim - Dinas Perikanan (Diskan) Lumajang mencoba mengembangkan budidaya ikan koi di Ranu Klakah. Karena budidaya ikan koi dinilai memiliki prospek yang bagus di Kabupaten Lumajang.
Budidaya ika koin di Ranu Klakah
Budidaya ika koin di Ranu Klakah
Budidaya yang dilakukan pun, menggunakan keramba jaring apung. Kepala Dinas Perikanan Lumajang, Agus Widarto menyampaikan, upaya dilakukan untuk memberikan diversifikasi dalam berbudidaya ikan selain nila.

“Karena koi mempunyai nilai jual yangg cukup tinggi,” ucapnya, Selasa (9/6/2020).

Ia pun berharap para pembudidaya ikan dapat hasil yang cukup tinggi dari berbudidaya ikan. Serta tidak hanya menghasilkan ikan konsumsi saja. “Tetapi juga menghasilkan ikan hias yang merupakan hasil kerjasama pembudidaya di Ranu Klakah dengan para breeder koi di Jogja,” terangnya.

Meskipun sekarang masih dalam taraf melakukan pembesaran saja namun diharapkan nantinya akan semakin berkembang. Pembenihan koi di Kabupaten Lumajang dapat dilakukan melalui breeder-breeder lokal.

Agus Widarto berkunjung ke Ranu Klakah beserta jajarannya bertemu dengan pembudidaya koi dan Ketua Laskar Hijau, A’ak Abdullah. Kerjasama ini dilakukan demi suksesnya budidaya ikan koi di Ranu Klakah. (fit)