CFD dan CFN akan Kembali Digelar di Alun-Alun

Lumajang, Motim - Memasuki kehidupan normal baru (new normal), ada rencana dari pihak Pemkab Lumajang untuk menggelar kembali Car Free Day (CFD) dan Car Free Night (CFN) di Alun-Alun. Sudah cukup lama, CFD dan CFN ditutup karena adanya pandemi Covid-19.
Alun-alun Lumajang
Alun-Alun Lumajang
Hal itu bisa dilaksanakan, karena Bupati Lumajang, Thoriqul Haq telah mengeluarkan Perbup Nomo 31 Tahun 2020 tentang Pedoman Kegiatan Kemasyarakatan pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Dengan Perbup 31 Tahun 2020 ini memungkinkan dilakukan, tetapi dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan sebagainya, termasuk dengan kegiatan Car Free Day dan Car Free Night memedomani Perbup tersebut itu dimungkinkan digelar kembali,” ungkap Asisten Administrasi Setda Kabupaten Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko.

Menurutnya, rencana tersebut saat ini masih dalam tahap pembahasan oleh Satgas Alun-Alun terkait skema pelaksanaan CFD dan CFN. Nantinya pelaksanaannya dilakukan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Ia menjelaskan, petugas akan memberlakukan pengawasan ketat untuk memastikan pengunjung maupun PKL mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Selain akan melakukan pengecekan suhu dan penggunaan masker, petugas di setiap pintu masuk Alun-Alun juga akan membatasi jumlah pengunjung apabila melebihi 50 persen dari kapasitas Alun-Alun.

“Prinsipnya pengunjung 50 persen dari kapasitas Alun-Alun, di sekat pintu masuk menuju Alun-Alun yang akan diperketat, itu yang memfilter masyarakat bisa masuk ke Alun-Alun atau tidak, termasuk yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan masuk,” tegasnya.

Tidak hanya pengunjung, Pedagang Kaki Lima (PKL) dan lokasi parkir juga akan diatur. Lokasi yang biasanya tersentra di Jl. Abu Bakar, Jl. Sutoyo, Jl. Imam Sudja'i akan steril dari parkir pengunjung dan akan difokuskan untuk PKL dan diberlakukan jarak antar lapak PKL agar tidak terjadi pembeli yang terlalu bergerombol. (fit)