Covid-19 Lumajang: 51 Positif, 33 Sembuh

Lumajang, Motim - Kabupaten Lumajang sudah dinyatakan masuk zona kuning atau daerah dengan resiko rendah dalam peta sebaran Covid-19 di Jawa Timur. Dalam data harian yang di-update tiap harinya, juga terlihat penambahan pasien positif yang perlahan melambat.
Peta Sebaran Covid-19 di Lumajang
Peta Sebaran Covid-19 di Lumajang
Dari data terakhir, per 20 Juni 2020, total hingga saat ini jumlah pasien positif mencapai 51 orang. Sedangkan pasien yang sudah sembuh, totalnya ada 33 orang. Kemudian ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 409 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Saat ini memasuki new normal, kegiatan kemasyarakatan di Lumajang pun mulai dilonggarkan. Apalagi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq pun telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman Kegiatan Kemasyarakatan pada Kondisi Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Namun Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo sebelumnya menyampaikan, dirinya berharap, masyarakat tidak terlena dengan Covid-19. “Kita harapkan tidak terlena,” ucapnya.

Agar masyarakat tidak terlena, saat ini berbagai upaya sudah dilakukan. Supaya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. “Mulai ada operasi masker, sanksi sosial. Misal yang tidak pakai masker, disuruh kembali. Itu akan terus dilakukan,” ujarnya.

Kegiatan kemasyarakatan pun akan diawasi. “Misal ada pengajian, mulai dari perizinan, siapa yang bertanggungjawab. Agar kegiatan itu sesuai dengan protokol kesehatan. Tugas kita pengawasan dan evaluasi kegiatan itu,” jelasnya. (fit)